Tips Keselamatan Kerja di Area Office
Jika dikomparasikan dengan
lingkungan kerja industri, lingkungan kantor terlihat seperti tempat yang
sangat aman untuk bekerja. Tetapi cedera dan kecelakaan serius sering terjadi
secara reguler di banyak kantor di mana saja. Terpeleset dan jatuh adalah salah
satu sebab paling umum dari kecelakaan di tempat kerja. Ini dapat terjadi di
mana saja dan siapa saja, apakah di area produksi ataupun dikantor. Maka dari
itu keselamatan kerja di wilayah kantor harus tetap menjadi perhatian bagi
semua orang.
Pegawai kantor yang mendapatkan
luka akibat jatuh, sengatan listrik dan kebakaran, bisa juga luka dan memar
akibat dari alat kantor dan furnitur. Mendapatkan cedera atau sakit yang lama
dari pekerjaan yang berulang ulang seperti keyboard dan sandaran kursi atau
meja.
Baca Juga : http://deltaindo.co.id/
Pada saat kita melewati hari di area kantor, mari kita
terapkan praktek praktek keselamatan dikantor sebagai berikut:
·
Perhatikan area yang terdapat penghalang yang dapat
menjadi penyebab tersandung. Seperti kabel kabel, jangan diletakkan pada area
lalu lalang atau tempat banyak orang melintas.
·
Tas pribadi dan tas kantor dan barang barang lainnya
harus disimpan pada tempat yang tidak akan jatuh menimpa orang.
·
Lemari ditutup, jangan sampai ada yang terbentur pintunya
dan jauhkan laci meja.
·
Bersihkan tumpahan cairan dari apapun itu, baik minuman,
makanan maupun benda cair lainnya dengan cara yang benar. Jika sulit diambil,
segera pasang barikade dan tanda untuk memperingatkan orang orang. Lantai yang
basah dan belum dibersihkan harus diblokir dan di beri tanda peringatan.
klik disini untuk membaca artikel pelatihan k3
·
Filling Cabinet diisi dari bawah ke atas. Kecelakaan
serius sering terjadi ketika rak bagian atas terlalu berat, dan file barjatuhan
menimpa orang orang dibawahnya.
·
Menggunakan teknik mengangkat barang yang aman. Dalam hal
ini yang dapat menyebabkan cedera punggung dikantor, pada umumnya terjadi pada
pekerja di gudang. Untuk mengambil barang yang berat, usahakan jongkok
disamping barang yang akan diangkat. Dengan menggunakan kekuatan kaki dan lutut
untuk mengangkat benda tersebut. Jangan menggunakan kekuatan punggung, sebab
bisa menyebabkan cedera.
Mohon di baca : PelatihanK3
·
Segala peralatan yang tajam seperti pisau, gunting dan
pembuka surat dipisahkan dengan peralatan lainnya. Untuk menghindari luka tusuk
maupun sayatan pada saat mengambil benda tersebut.
·
Selalu waspada terhadap bahaya sengatan listrik, yang
bisa menyebabkan kebakaran dan konsletting. Periksa setiap kabel dan colokan
listrik oleh seorang teknisi yang kompeten yang tahu akan bahaya tersengat
listrik.
Baca juga : Pelatihan K3
·
Berikan beban listrik sesuai dengan peruntukkannya dan
sesuai dengan kabel yang melewatkan arus. Jangan sampai kelebihan beban.
Pisahkan untuk peralatan dengan arus kecil dan arus besar, misalkan jalur untuk
komputer tersendiri jangan sampe dicampur dengan jalur untuk AC.
·
Jangan sekali kali menggunakan kursi yang diletakkan di
atas meja untuk mengambil sesuatu yang posisinya tinggi. Harus menggunakan
tangga untuk mengambilnya. Resikonya ada pada kekuatan meja itu sendiri dan
pada kursi yang bisa saja terpeleset.
·
Lakukan kegiatan selingan untuk suatu pekerjaan yang
berulang, seperti mengetik keyboard di depan komputer serta posisi duduknya.
Silahkan berganti posisi dan kegiatan maksimal 2 jam sekali. Atau usahakan buat
gerakan ringan setiap dua jam sekali.
Demikian tip tip keselamatan dankesehatan kerja di area kantor. Dirangkum dari banyak sumber.
Keselamatan kerja merupakan hal yang masih banyak disepelekan, padahal penting sekali dalam menjaga aktifitas agar tetap kondusif.
BalasHapusSalam sukses dari kami MitraKantor.com, penyedia partisi kantor, kursi kantor, dan meja kantor terlengkap dan terjangkau.